Blogroll

Senin, 08 Maret 2021

Senin 08 maret 2021

 


Minggu, 07 Maret 2021

Senin, 08 Maret 2021


 Tema 7 dengan PjBL (Project Based Learning)

untuk jangka waktu 1 bulan atau 1 tema

mulai dari sub.1 sampai sub.4

Projectnya: Menanam, merawat serta mengetahui tahapan perkembangan tumbuhan mulai dari biji

 





Tema 7 Sub.2

KD yang muncul:

-Pkn KD 3.2 Mengidentifikasi aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari

-B.Indonesia KD 3.8 merinci ungkapan, penyampaian terima kasih, permintaan maaf, permintaan yolong,pujian ajakan, pemberitahuan, perintah dan petunjuk kepada orang lain dengan bahasa yang santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu engan kosa kata bahasa daerah

- Mtk KD 3.3 membandingkan bilangan cacah hingga 99 dengan kumpulan objek/benda /gambar

- SBdP KD 3.3 mengenal gerak anggota tubuh melalui tari


       Pembelajaran  I



Tujuan Pembelajaran:

Melalui  gambar dan penjelasannnya, siswa dapat mengetahui cara merawat hewan dengan baik

melalui gambar cara memperlakukan hewan, siswa dapat membedakan sikap menyayangi dan tidak menyayangi hewan

 

Apersepsi:

minggu yang lalu pada materi Sub.1 kita sudah mengenal benda hidup dan tak hidup. Benda hidup diantaranya ialah makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan.

Pada sub.2 ini kita akan membahas makhluk hidup yaitu hewan yang hidup disekitar kita.

Hewan yang ada dilingkungan sekitar kita hendaknya kita perlakukan dengan baik atau disayangi, apalagi jika hewan tersebut sengaja kita pelihara.

 

Perhatikan gambar berikut!

 


Dari gambar tampak cara merawat hewan peliharaan sapi:

1.      Memberi makan rumput pada sapi

2.      Membersihkan kandang sapi dari kotorannya

3.      Member minum juga memandikan sapi

4.      Setelah dirawat dengan baik, hewan peliharaan akan memberikan manfaat kepada manusia. Dalam hal ini sapi dapat diperah atau  diambil susu nya yang mana dijadikan minuman untuk kesehatan manusia.

 Selain sapi,  masih banyak hewan lain yang dapat dipelihara. Coba perhatikan gambar berikut! gambar mana sajakah yang menunjukkan sikap memelihara atau menyayangi dan manakah yang tidak? (hanya untuk pemahaman)

  


Sudah dilihat dan diperhatikan, tentu kalian dapat membedakan ya sikap merawat atau menyayangi dengan yang tidak.

Benar sekali sikap merawat ada pada gambar bernomor 1. 4 dan 5

 Nah.. sekarang tugas kalian melalui voicenote ceritakan hewan apa yang kalian pelihara atau yang ada di sekitar lingkungan rumahmu, dan bagaimana cara merawatnya, kirim voicenotenya melalui WA grup ya!

Jangan lupa ucapkan kata tolong dan terimakasih kepada mama dan papa yang sudah sabar mendampingi mu belajar dirumah. Setelah menyelasikan tugas mu jangan lupa juga cuci tangan ku dengan bersih supaya tidak ada kuman yang menempel di tangan. Bu guru akhiri.. Wassalamualaikum wr wb 🤗🙏🌻

Jumat, 05 Maret 2021

Jum at 5 maret 2021

  TEMA 7 ( BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU) 

SUBTEMA 1 (BENDA HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP DI SEKITARKU) 

KELAS 1 SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG





Tema 7 Sub.1

KD yang muncul:

-Pkn KD 3.1 Mengenal simbol sila-sila pancasila pada lambang negara

-B.Indonesia KD 3.6 menguraikan kosakata yang berhbungan dengan benda hidup dan tak hidup

- Mtk KD 3.2 menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai penyusunnya

- SBdP KD 3.2 mengenal elemen musik melalui lagu. 


Assalamualaikum anak-anak akhirnya kita sampai pada akhir pembelajaran sub.1 namun permulaan dari project.


Dari serangkaian kegiatan yang telah dilakukan dari Pembelajaran I hingga Pembelajaran 5 yang lalu, telah diarahkan untuk melaksanakan project.


Pada pembelajaran VI, akan dimulai melaksanakan perencanaan project yang akan dipersiapkan dengan langkah berikut:

A.      (Memulai dengan perumusan pertanyaan)

1.       Bagaimana membedakan benda hidup dan tak hidup dilingkungan sekitar?

2.       Berasal dari manakah tumbuhan sebagai makhluk hidup?

 

B.      Untuk mendapatkan jawabannya akan diadakan sebuah project yaitu menanam biji kacang hijau dengan beberapa perlakuan:

1.       Menyiapkan  4 wadah/ media tanam

2.       Menyiapkan biji kacang hijau (1 wadah sebarkan 4 biji )

3.       Menyiapkan 2 media tanam tanah dan 2 media tanam kapas

4.       Buatlah perlakuan 1 media tanah dan 1 media kapas dekat sinar matahari dan yang lain ditempat gelap atau tidak terkena matahari.

5.       Diskusikan dengan ayah/ibu/amggota keluarga yang ada di rumah mengenai project yang akan dilakukan, muli dari mempersiapkan alat-bahan, cara menanam hingga cara merawat.

6.       Kirimkan bukti 3 foto kegiatan berikut: (hari Jumat ini atau ditunggu paling lambat hari Minggu esok ya)

-          Sedang berdiskusi

-          alat-bahan yang sudah dsiapkan

-          perlakuan awal (penanaman)

 

C.       Kedepannya nanti, proses tumbuh kembang tumbuhan selalu di catat dan difotokan dari hari ke hari selama 2 minggu kedepan.


Jadi hari ini hanya foto sesuai instruksi dan kerjakan link googleform penilaian harian sub.1 ya nak, tetap semangat!

Klik link di bawah ini... 👇

Kamis, 04 Maret 2021

Kamis 4 maret 2021

  TEMA 7 ( BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU) 

SUBTEMA 1 (BENDA HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP DI SEKITARKU) 

KELAS 1 SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG 




Bahan Ajar Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 5

Hari/Tanggal : Kamis, 04 Maret 2021
Kelas                : 1 (satu) 
Tema                : 7 ( Benda, Hewan, dan Tanaman disekitarku) 
Subtema       : 1 (Benda hidup dan tak hidup disekitarku) 
Pembelajaran : 5 (Lima)  
Alat Peraga : Gambar dan Video

Kompetensi Dasar :
B Indonesia KD 3.6
Matematika KD 3.2

Assalamuallaikum wr wb. 

Apa kabar anak pintar yang sholih dan sholiha? Jawab dengan semangat ya "Alhamdulillah luar biasa Allahu Akbar" Bu guru berharap kabar anak anak sehat semua ya. 😊

Anak anak yang ibu guru sayangi sudahkan melaksanakan sholat duha dan murojaah pagi ini? Alhmdulillah semoga tetap istiqomah ya. Jangan lupa juga dengarkan tausiyah dari umi dan abi 🌷

Apersepsi 

Alhmdulillah kemarin kita sudah mempelajari tentang sila keempat pamcasila yang di lambangkan demgan kepala banteng dan bunyi sila keempat adalah Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat lebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Yanh maknanya adalah bermusyawarah. Contoh penerapan sila keempat dalam kehidupan sehari hari yaitu tidak boleh memaksakan pendapat atau kehendak sendiri contoh lain dalam kehidupan sehari-hari yaitu kita berdiskusi menyelesaikan suatu masalah secara bersama.

Tujuan Pembelajaran 

  • Setelah membaca, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang perkembangbiakan benda hidup dengan tepat.
  • Setelah mengamati teks, siswa dapat menggunakan kosakata tentang perkembangbiakan benda hidup secara tertulis dengan tepat.
  • Dengan menggunakan gambar pada buku siswa, siswa dapat menentukan nilai tempat (satuan dan puluhan) bilangan terdiri atas dua angka dengan bantuan benda konkret  dengan benar.
  • Setelah mengamati, siswa dapat menuliskan bilangan terdiri atas dua  angka sesuai nilai tempat dengan benar. 
. . Ayo Mengamati

Perhatikan gambar berikut ini.
Benda hidup dapat berkembang biak.
Benda hidup tidak dapat berkembang biak.
Berkembang biak untuk mendapatkan keturunan.
Berkembang biak juga untuk memperbanyak jumlahnya.
Tujuan berkembang biak agar benda hidup terjaga kelestariannya

Ayo Berlatih

Ayam biasanya bertelur sehari hanya satu butir.
Banyaknya telur adalah 47.
Telur diletakkan di dalam keranjang besar dan keranjang kecil.
Ada 4 keranjang besar dan 7 keranjang kecil.
Keranjang besar dianggap sebagai keranjang puluhan.
Keranjang kecil dianggap sebagai keranjang satuan.
            Jadi, 47 = 40 + 7
                        47 = 4 puluhan + 7 satuan
                                    4 menempati tempat puluhan
                                    7 menempati tempat satuan
Jika dituliskan dalam nilai tempat adalah seperti berikut.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar.

  JTUGASMU! ✏📗
    Hitunglah jumlah buah berikut, lalu tulis nama dan lambang bilangannya! Kerjakan seperti contoh pada nomor satu ya! 


Tulislah dan gambarlah tugasmu dibuku latihan tema. Setelah itu fotokan lalu kirimkan ke Whatsapp bu guru ya. 🤗

  Jagan lupa selalu gunakan kata tolong dan terimakasih kepada mama/papa ya sebelum dan sesudah mengerjakan tugas. Tetap selalu jaga kebersihan, cuci tangan yang bersih dan gunakan masker saat kamu berada di luar rumah meski hanya di teras rumah. Oke selamat beraktifitas semangaat ya 🤗👍😍

Wassalamualaikum.. 🙏😊😉 

Rabu, 03 Maret 2021

Rabu 3 maret 2021

 

Rabu, 03 Maret 2021

TEMA 7 ( BENDA, HEWAN, DAN TANAMAN DI SEKITARKU) 

SUBTEMA 1 (BENDA HIDUP DAN BENDA TAK HIDUP DI SEKITARKU) 

KELAS 1 SD AL AZHAR 2 BANDAR LAMPUNG 



Bahan Ajar Tema 7 Subtema 1 pb 4

Hari/Tanggal : Rabu, 03 Maret 2021
Kelas : 1 (satu) 
Tema : 7 (Benda, hewan dan tanaman disekitarku) 
Subtema : 1 ( Benda hidup dan tak hidup disekitarku) 

Pembelajaran : 4
 
Kompetensi Dasar yang muncul :

Pkn KD 3.1 Mengenal simbol sila-sila pancasila pada lambang negara

-B.Indonesia KD 3.6 menguraikan kosakata yang berhbungan dengan benda hidup dan tak hidup

- Mtk KD 3.2 menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai penyusunnya

- SBdP KD 3.2 mengenal elemen musik melalui lagu


Kompetensi Dasar Pb 4 :
B Indonesia KD 3.6 4.6

Sbdp KD 3.2 4.6


Assalamuallaikum wr wb. 
Hallo......Anak-anak pintar yang sholih dan sholiha. Bagaimana kabar mu hari ini? Bu guru berharap kabar anak anak sehat semua ya. 😊

Anak anak yang ibu guru sayangi sudahkan melaksanakan sholat duha dan murojaah pagi ini? Alhmdulillah semoga tetap istiqomah ya. Jangan lupa juga dengarkan tausiyah dari umi dan abi ya. 😍

Apersepsi

Merawat serta menyayangi sesama makhluk hidup merupakan keharusan dari Sang Pencipta (Allah SWT). Dalam penerapan kehidupan sehari-hari sikap tersebut merupakan pengamalan sila pancasila Negara kita.


Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
  • Setelah membaca, siswa dapat menunjukkan kosakata tentang ukuran berbagai jenis benda  di lingkungan sekitar dengan tepat.
  • Setelah kegiatan mengamati, siswa dapat menggunakan kosakata tentang ukuran berbagai jenis benda di lingkungan sekitar pada kalimat dengan tepat.
  • Setelah mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan gerak dasar berjalan dan berlari sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
  • Setelah mengamati gambar, siswa dapat mempraktikkan gerak dasar berjalan dan berlari sesuai irama (ketukan) tanpa iringan musik dalam aktivitas gerak berirama dengan benar.
  • Setelah kegiatan bernyanyi, siswa dapat membedakan panjang pendek bunyi dengan benar.
  • Setelah kegiatan bernyanyi, siswa dapat mempraktikkan panjang pendek bunyi dalam sebuah lagu dengan benar.

   Ayo Mengamati
Amati perubahan benda pada gambar berikut ini.


Benda hidup dapat tumbuh besar.
Benda hidup dapat bertambah berat dan tinggi.
Tinggi badan kita bertambah sejak bayi hingga sekarang.
Hewan dan tumbuhan juga dapat bertambah tinggi. Benda tak hidup tidak dapat tumbuh besar. Benda-benda dapat memiliki tinggi yang berbeda-beda.
Perbedaan panjang pendek juga ada pada bunyi.
Ada bunyi panjang dan ada bunyi pendek.

Cobalah perhatikan kembali lagu Topi Saya Bundar berikut ini.


Ayo Mengamati 

Perhatikan simbol sila pancasila berikut:


Dari kelima gambar tersebut, coba sebutkan yang mana lambang sila keempat pancasila? Apakah contoh dari pengamalan sila tersebut dalam kehidupan sehari-hari?

Coba diceritakan jawaban kalian melalui notevoice dikirim ke WA Bu guru ya!

https://youtu.be/YelZZY6grq4


Tetap semangat belajarnya walaupun dari rumah, mintalah bantuan mama atau papa dengan bahasa yang santun gunakanlah kata "tolong" ya.👍😍

Bu guru akhiri wassalamualaikum 🙏

Selasa, 02 Maret 2021

Selasa 2 maret 2021

 TEMA 7 dengan PjBL (Project Based Learning) 

Untuk jangka waktu 1 bulan atau 1 tema

mulai dari sub.1 sampai sub.4 

Projectnya: Menanam, merawat serta mengetahui tahapan perkembangan tumbuhan mulai dari biji. 



 Tema 7 Sub.1

KD yang muncul:

-Pkn KD 3.1 Mengenal simbol sila-sila pancasila pada lambang negara

-B.Indonesia KD 3.6 menguraikan kosakata yang berhbungan dengan benda hidup dan tak hidup

- Mtk KD 3.2 menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai penyusunnya

- SBdP KD 3.2 mengenal elemen musik melalui lagu


Pembelajaran 2 dan 3

Tujuan Pembelajaran:

-          Melalui  googleform, siswa dapat membedakan kelompok benda hidup dan tak hidup

Apersepsi:

Berdasarkan lagu hujan kemarin;

1.      Genting (benda hidup/ tak hidup)

2.      Air (benda hidup/tak hidup)

3.      Dahan (benda hidup/tak hidup)

4.      Ranting (benda hidup/tak hidup)

5.      Pohon (benda hidup/tak hidup)

Benda hidup dan tak hidup dapat dibedakan melalui ciri yang tampak pada benda tersebut, untuk lebih memahami, coba anak-anak klik link googleform berikut:

https://forms.gle/DQddq8ibdwQbZY779




Senin, 01 Maret 2021

Senin 1 maret 2021

 

TEMA 7 dengan PjBL (Project Based Learning) 

 

Untuk jangka waktu 1 bulan atau 1 tema

 

mulai dari sub.1 sampai sub.4 
Projectnya: Menanam, merawat serta mengetahui tahapan perkembangan tumbuhan mulai dari biji
 

 Tema 7 Sub.1 

KD yang muncul:

-Pkn KD 3.1 Mengenal simbol sila-sila pancasila pada lambang negara
-B.Indonesia KD 3.6 menguraikan kosakata yang berhbungan dengan benda hidup dan tak hidup
- Mtk KD 3.2 menjelaskan bilangan hingga dua angka dan nilai penyusunnya
- SBdP KD 3.2 mengenal elemen musik melalui lagu

 

 Pembelajaran  I

Tujuan Pembelajaran:
-          Melalui  tayangan video nyanyian “hujan” siswa dapat menyanyikan lagu dengan irama yang tepa.
-          Melalui teks lagu hujan, siswa dapat mengenal kosa kata yang berhubungan dengan benda hidup dan tak hidup
-          Melalui kosa kata siswa dapat menentukan benda hidup dan tak hidup
Apersepsi:
benda hidup dan tak hidup dilingkungan sekitar, pernahkah kamu berada ditaman atau kebun? Apa sajakah yang dapat kalian lihat ditaman atau kebun tersebut?
Ada pohon, ada hewan, ada batu, bangku taman dan lainnya.
Pohon/tumbuhan serta hewan yang ada merupakan benda hidup atau sering disebut makhluk hidup.  Sedangkan benda yang tidak dapat bergerak disebut benda tak hidup.
 
Kebun atau taman merupakan salah satu ruang terbuka, yang dapat terkena sinar matahari secara langsung begitu pula ketika hujan dapat merasakan hujan secara langsung.
Ingatkah kamu lagu tentang "hujan"?
Berikut adalah lirik lagunya, Coba kamu ikut nyanyikan lagu ini dengarkan video berikut dan ikuti iramanya ya! 
https://www.youtube.com/watch?v=ng_zObwO5O8

TUGASMU!
Setelah kalian nyanyikan coba lihat kembali teks lagunya.
Berdasarkan teks tersebut coba sebutkan nama benda yang ada pada teks lagu, dapatkah kalian membedakan mana saja yang benda hidup dan tak hidup!
Coba tentukan!
1.      Genting (benda hidup/ tak hidup)
2.      Air (benda hidup/tak hidup)
3.      Dahan (benda hidup/tak hidup)
4.      Ranting (benda hidup/tak hidup)
5.      Pohon (benda hidup/tak hidup)
Sebutkan melalui notevoice ya dan kirimkan pada Bu guru melalui WA GRUP! 
Jangan lupa ucapakan kata tolong dan terimakasih kepada mama/papa yang sudah mendampingi belajar mu di rumah. Cuci tangan mu dengan bersih ya setelah selesai mengerjakan tugas. Selamat beraktifitas wassalamualaikum. 🌻🙏🌷

Mengenai Saya

Nama : Lingga Sari,S.Pd Pendidikan : S1 Unit kerja : sd 2 al azhar bandar lampung Guru bidang : guru kelas 1a Jenis kelamin : perempuan Medsos yang dimiliki : IG (@lingga_1610)

Kamis 30 september 2021

  Bahan ajar tema 3 subtema 3 Hari/tanggal : Kamis, 30 September 2021 Kelas : 1 (satu) Tema : 3 (kegiatanku) Subtema : 3 (kegiatan sore hari...

Followers

Cari Blog Ini

About Us

We sell creative goods all over the internet. Welcome to our website, we hope you enjoy our products.

Pages

Pages - Menu

Blogroll

Blogger templates