Tema 5 Pengalamanku Subtema 1 Pengalaman Masa Kecil
Bahan Ajar dan Materi Pembelajaran
Tema 5 Pengalamanku
Subtema 1 Pengalaman Masa Kecil
Ingatkah kamu saat masih kecil?
Saat kamu menjadi siswa taman kanak-kanak
Bermain bersama teman
Ke sekolah diantar ibu atau ayah
Belajar bersama teman dibimbing bu guru
Tertawa saat digoda kakek dan nenek
Masa kecil sangat menyenangkan
Kasih saying ayah, ibu, kakek dan nenek sangat besar
Kita pun harus menyayangi dan menghormati mereka
Mari belajar sambil mengingat pengalaman masa kecil
Hari/Tanggal : Senin, 6 Januari 2020
Pembelajaran 1
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
· Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
· Dengan mendengarkan cerita yang disampaikan oleh guru, siswa dapat menemukan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
· Dengan mengamati gambar, siswa dapat menjelaskan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan tepat.
· Dengan menyalin contoh kalimat pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
Dengan mengamati poster berisi teks Pancasila, siswa dapat mengidentifikasi isi sila-sila Pancasila dengan benar.
· Dengan bermain menyusun kalimat yang terdapat pada sila kedua Pancasila, siswa dapat menyebutkan rumusan sila kedua Pancasila dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Membedakan ketukan cepat dan lambat sebuah lagu melalui gerak tubuh
· Menyebutkan bunyi sila ke-2
· Menyalin kalimat pujian
· Membuat kalimat pujian berdasarkan pengalaman
Ayo Bernyanyi
Udin mengenang pengalamannya bersama teman
Saat itu mereka berkumpul di rumah dayu
Mereka mendengarkan lagu sambil bergerak
Jika ketukan lagu lambat, mereka bergerak lambat
Jika ketukan lagu cepat, mereka bergerak cepat
Mereka bergerak bergantian dan saling memuji
Lagu pertama adalah “ Bunda Piara ”
Ayo kita nyanyikan bersama
Udin bergerak mengikuti irama
Udin bergerak lambat dan cepat
Teman-teman udin bertepuk tangan
Mereka bersorak memuji udin
“Bagus, Udin”
“Hebat,Udin”
Mereka bergembira bersama
Lagu kedua adalah “Burung Kakaktua”
Ayo Berlatih
Ungkapan Pujian
Salinlah
Nyanyianmu bagus sekali
Gerakanmu lincah sekali
Ayo Mengamati
Setelah bernyanyi, siti dan teman-teman beristirahat
Lalu siti bercerita kepada teman-teman
Waktu Taman Kanak-kanak, siti senang mengamati gambar burung garuda
Gambar tersebut ada di dinding kelas
Burung itu terlihat gagah sekali
Di dadanya ada perisai, Perisai berisi 5 gambar berbeda
Siti paling suka gambar rantai, Rantai mirip kalung
Siti sangat menyukai kalung
Rantai adalah simbol sila ke dua
Sila kedua berbunyi : “Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab”
Amatilah teks Pancasila berikut
Lingkari sila kedua dari Pancasila
Susun potongan kata berikut menjadi bunyi sila ke-2 Pncasila
Adil dan yang beradab kemanusiaan
Tuliskan pada kolom di bawah ini
Hari/Tanggal : Selasa, 7 Januari 2020
Pembelajaran 2
Tujuan Pembelajaran:
· Setelah mengamati dan mendengarkan percakapan yang dibacakan, siswa dapat menyebutkan ungkapan pemberian pujian secara lisan dengan benar.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat mengungkapkan kalimat pujian dengan tepat.
· Setelah membaca teks sederhana tentang pujian, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat menuliskan ungkapan pujian dengan tepat.
Materi Pembelajaran:
· Mempraktikkan ungkapan pujian secara lisan dan tertulis
Ayo Mengamati
Bacalah percakapan berikut
Beni mencontohkan gerakan senam lantai
Beni berhasil melakukan dengan baik
Beni senang sekali
Udi : Beni, hebat sekali gerakanmu
Beni : Terima kasih, Udin
Udin : Bagaimana perasaanmu, Beni?
Beni : Aku senang sekali
Udin : Aku juga ikut senang, Beni
Kamu memang berbakat dalam olahraga
Beni : Kamu juga pasti bisa, Udin
Kita bisa berlatih bersama-sama
Ayo Menulis
Ungkapan Pujian
Perhatikan gambar
Tuliskan ungkapan pujian yang tepat
Hari/Tanggal : Rabu, 8 Januari 2020
Pembelajaran 3
Tujuan Pembelajaran :
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat membilang banyak benda sebanyak 21 sampai dengan 40 secara urut.
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat mengelompokkan benda sesuai bilangan yang diberikan dari 21 sampai dengan 40.
· Setelah mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan simbol sila kedua dengan tepat.
· Dengan membuat bentuk rantai dari kertas lipat, siswa dapat menunjukkan simbol sila kedua dengan benar.
· Dengan mengamati simbol-simbol dari sila Pancasila siswa dapat menuliskan kembali bunyi sila kedua Pancasila.
· Setelah mengamati teks bacaan tentang sikap saling-menolong, siswa dapat menyebutkan ungkapan pujian dengan tepat.
· Dengan mengamati bentuk rantai hasil karya teman, siswa dapat mengungkapkan pujian secara lisan dengan tepat.
Materi Pembelajaran
· Menghitung benda benda yang berada di sekitar sekolah
· Mengenal lambang sila kedua dengan membuat rantai kertas
· Mengungkapkan pujian secara lisan
Ayo Mengamati
Edo merayakan ulang tahun yang kelima dip anti asuhan
Ulang tahun Edo di bulan Agustus
Di sana Edo berbagi makanan dan mainan
Edo juga membawa bahan-bahan untuk membuat prakarya
Edo ingin membuat kalung berwarna merah putih
Kalung seperti gambar rantai lambing Pancasila
Bahan-bahannya adalah kertas warna merah dan putih
Selain itu ada juga lem dan gunting
Mainan yang akan dibagikan adalah bola
Ayo bantu Edo menghitung bola dengan tepat
Ayo Berlatih
Menghitung Banyak Benda
Hitung kue dan bahan untuk membuat kalung
Lingkari setiap 10 benda
Hitung banyaknya, lalu tulis lambing bilangannya
Ayo Berlatih
Mengelompokkan Benda
Edo mempunyai banyak kertas putih
Edo ingin mewarnai kertas tersebut dengan warna merah
Warnai sebanyak bilangan yang tertulis
Ayo Mencoba
Edo juga suka berbagi dengan teman berbagi adalah perilaku yang baik
Perbuatan berbagi sesuai dengan sila kedua dalam Pancasila
Amati gambar rantai
Tanyakan kepada teman atau gurumu tenang maksud gambar tersebut
Berapa banyak mata rantainya?
Buatlah rantai dari kertas warna
Tunjukkan hasilnya kepada teman, guru dan keluargamu
Ayo Berlatih
Edo telah selesai membuat kalung merah putih
Hasilnya rapi sekali
Dayu memuji kalung buatan Edo
“Edo, karyamu bagus sekali” kata Dayu
Ungkapan pujian dapat disampaikan secara lisan
Amati ungkapan pujian berikut
“Siti, warna bajumu cerah sekali. Aku menyukainya”
“Beni, suaramu merdu sekali”
“Udin, tulisanmu sangat rapi”
“Dayu, gambar karyamu indah sekali”
Adakah temanmu yang pandai menari?
Coba ungkapkan pujian kepada temanmu
Hari/Tanggal :
Pembelajaran 4
Tujuan Pembelajaran :
· Dengan mendengarkan lagu bertempo cepat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan cepat dengan tepat dan percaya diri.
· Dengan mendengarkan lagu bertempo lambat, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri sebuah lagu yang memiliki ketukan lambat dengan tepat dan percaya diri.
· Dengan melakukan gerak sesuai isi lagu, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Kepala pundak lutut kaki” bertempo cepat dengan benar dan percaya diri.
· Dengan melakukan gerak sesuai isi lagu, siswa dapat mempraktikkan lagu ”Kepala pundak lutut kaki” bertempo lambat dengan benar dan percaya diri.
· Melalui teks sederhana, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
· Setelah membaca teks sederhana, siswa dapat menanggapi ungkapan pujian dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
· Membedakan cepat atau lambat tempo lagu ”Kepala pundak lutut kaki”
· Menanggapi pemberian ungkapan pujian
Ayo Bernyanyi
Hari ini ibu guru mengajak bernyanyi
Judulnya Kepala Pundak Lutut Kaki
Lagu itu disukai Udin saat masih kecil
Dulu ayah bernyanyi untuk Udin
Ayah bernyanyi dengan ketukan berbeda
Kadang cepat, kadang lambat
Udin merasakan bedanya saat bergerak
Coba cari tahu tempo lagu sambil bernyanyi
Ayo Mengamati
Bacalah teks berikut ini
Udin dan temanteman bermain bersama
Mereka mencoba bergantung di palang besi
Udin, Beni, dan Edo mencoba bersama-sama
Siti menghitung berapa lama mereka dapat bertahan
Udin sering berlatih bersama Ayah
Udin dapat bertahan bergantung paling lama
“wah Udin hebat sekali, kata Siti”
“Terimakasih Siti, itu karena aku sering berlatih”
Dapatkah kamu temukan ungkapan pujian?
Ungkapan pujian dapat ditanggapi dengan mengucapkan terima kasih.
Hari/Tanggal : Kamis, 9 Januari 2020
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran:
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat menghitung banyak anggota suatu kumpulan objek sebanyak 21 sampai 40 dengan cara mengelompokkan.
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda dan lambang bilangan, siswa dapat memasangkan lambang bilangan 21 sampai 40 dengan kumpulan objek yang banyak anggotanya sesuai.
· Setelah mengamati sebuah gambar, siswa dapat menunjukkan ungkapan pemberian pujian dengan tepat.
· Setelah menemukan ungkapan pujian, siswa dapat menanggapi ungkapan pujian dengan runtun dan percaya diri.
Materi Pembelajaran:
· Memasangkan kartu benda dengan kartu bilangan
· Menanggapi ungkapan pujian
Ayo Mengamati
Sejak kecil Siti suka membantu ibu membuat kue
Ibu membuat kue untuk dijual
Siti bertugas membungkus kue
Pertama, Siti mengelompokkan kue sebanyak 10 buah
Siti membuat lagi satu kelompok berisi 10 kue
Terakhir, Siti melanjutkan menghitung kue yang lainnya
Begini caranya
Ayo Mengamati
Amati gambar berikut
Setelah dibungkus, kue buatan ibu diantarkan ke warung
Pemilik warung suka member uang lebih untuk Siti
Uang tersebut Siti kumpulkan
Sekarang uangnya sudah banyak
Siti menyumbangkan tabungannya untuk pembangunan masjid
Sikap Siti sangat terpuji
Hari/Tanggal : Jumat, 10 Januari 2020
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran:
· Setelah mengamati simbol-simbol sila Pancasila, siswa dapat menuliskan simbol sila kedua Pancasila dengan tepat.
· Setelah mengenal rantai sebagai simbol dari sila kedua Pancasila, siswa dapat menuangkannya dalam bentuk gambar dengan tepat.
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda, siswa dapat menghitung banyak anggota suatu kumpulan objek sebanyak 21 sampai 40 dengan cara mengelompokkan.
· Dengan menggunakan gambar kumpulan benda dan lambang bilangan, siswa dapat memasangkan lambang bilangan 21 sampai 40 dengan kumpulan objek yang banyak anggotanya sesuai.
· Setelah membaca cerita sederhana, siswa mampu menemukan ungkapan pujian dengan tepat.
· Setelah membuat cerita sederhana untuk bermain peran, siswa mampu memerankan ungkapan pujian lisan dengan tepat dan percaya diri.
Materi Pembelajaran:
· Bermain kartu memasangkan bilangan
· Bermain Peran tentang ungkapan pujian
Ayo Mengamati
Siti dan Dayu beteman sejak kecil
Mereka selalu tolong-menolong
Jika Siti kesulitan, Dayu siap membantu
Jika Dayu perlu bantuan, Siti langsung menolong
Tolong-menolong adalah sikap yang baik
Perilaku tersebut sesuai dengan Pancasila
Masih ingatkah kamu bunyi sila kedua?
Simbolnya adalah rantai.
Ayo Berlatih
Symbol sila kedua adalah rantai
Salin tulisan berikut
Simbol sila kedua adalah rantai
Ayo Mencoba
Banyak Benda dan Lampang Bilangan
Edo, Udin, dan Beni senang bermain bersama
Mereka sering bermain kelereng. Mereka punya banyak kelereng
Mereka ingin menghitung banyaknya
Kelereng itu dikelompokkan
Kemudian mereka menghitung bersama-sama
Ayo, kita lakukan hal yang sama seperti Udin dan teman-teman
Gunakan benda-benda yang ada di sekitarmu
Ayo Berlatih
Hitung banyaknya
Tuliskan hasilnya di kotak
Ayo Bermain Peran
Udin mengajak Edo bersepeda
Tujuannya adalah lapangan bola
Tapi Edo terlihat bingung
Amati percakapan berikut
Udin : Edo, kenapa kamu tampak bingung?
Edo : Rantai sepedaku putus
Udin : Kalung begitu ayo naik sepedaku
Edo : Betulkah Udin? Tapi lapangan agak jauh
Udin : Tidak masalah, Edo. Kita kan harus saling membantu
Edo : Kamu baik sekali, Udin.
Aku senang punya teman sepertimu
Pernahkah kamu mengalami hal yang sama seperti Edo dan Udin?
Buat ceritanya, lalu perankan di depan kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar