Hari/Tanggal : Jumat, 18 Oktober 2019
Pembelajaran 5
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan menggunakan bagan silsilah keluarga yang dibuat, siswa dapat menceritakan anggota keluarga dengan percaya diri.
2. Melalui tanya jawab dan kerjasama dengan teman, siswa dapat menuliskan nama anggota keluarga salah satu teman dengan tepat.
Materi Pembelajaran :
1. Mengamati bagan silsilah keluarga.
2. Membuat bagan silsilah keluarga.
3. Menjelaskan isi bagan silsilah keluarga.
4. Menceritakan bagan silsilah keluarga.
5. Melengkapi tabel nama-nama anggota keluarga salah satu teman.
MATERI
Ayo Mengamati
Silsilah keluarga menunjukkan asal usul keluarga
Inilah silsilah keluarga Udin
Buatlah bagan silsilah keluargamu
Isilah nama-nama anggota keluargamu
Ayo Mendengarkan
Dengarkan guru membaca teks di bawah
Peran Ayah dan Ibu
Bekerja
Ayah bekerja memenuhi keperluan keluarga
Ada pula ibu yang ikut bekerja
Ayah dan ibu memperhatikan keluarga
Merawat Anak
Ayah dan ibu memelihara anak anaknya
Ayah dan ibu menyekolahkan anak anaknya
Ayah dan ibu mengawasi anak anaknya
Peran Anak Belajar
Sebagai pelajar tugas utaman anak adalah belajar
Seorang anak harus menuntut ilmu
Untuk bekal pada masa depan
Membantu Orang Tua
Seorang anak dapat membantu orang tua
Misalnya membersihkan kamar tidur
Patuh Pada Orang Tua
Seorang anak harus patuh dan menghormati orang tua
Anak patuh pada nasihat orang tua
Ayo Berlatih
Lengkapilah kaliamat berikut dengan kata yang tersedia
Tugas rajin menjaga
Mengganti menyuruh membantu
1. Kamu adalah pelajar tugas kamu belajar yang ……………..
2. Contoh hidup rukun di rumah adalah …………. Anggota keluarga
3. Sebagai kepala keluarga ayah dan ibu ………….. anak anaknya
4. Kakak dapat membantu adik mengerjakan ………….
5. Pulang sekolah badi langsung menyalakan televise badi masih memakai baju seragam dan sepatu ayah …………… badi melepas sepatu, ayah juga menyuruh badi …….. baju seragam dahulu
Pembelajaran 6
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca nyaring dan menyimak penjelasan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga dengan percaya diri.
2. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menyebutkan simbol sila pertama Pancasila dengan benar.
3. Dengan penjelasan guru, siswa dapat merenungkan karunia Tuhan yang Maha Esa dengan penuh rasa syukur.
Materi Pembelajaran :
1. Membaca teks kegiatan bermain bersama.
2. Menceritakan pengalaman bermain bersama keluarga.
3. Memasangkan teks sila pertama Pancasila dengan simbol yang sesuai.
MATERI
Bacalah dengan nyaring
Bermain Bersama
Hari minggi udara cerah
Udin dan Kak Mutiara
Bermain di halaman
Udin bermain mobil-mobilan, yoyo, dan kartu huruf
Kak Mutiara bermain ular tangga
Kak Mutiaran juga membawa gelang dari plastic, buku gambar, pensil warna, dang penggaris segitiga
Mereka saling tukar mainan
Mereka senang bermain bersama
Ayo Membaca
Bagaimana sikap kasih sayang dalam keluarga
Bacalah bacaan berikut
Kasih sayang orang tua
Ayah dan ibu menyayangi kita
Ibu melahirkan dan menyusui kita
Ibu juga merawat kita hingga besar
Ayah bekerja untuk keluarga
Ayah juga membantu ibu di rumah
Sekarang kita sudah besar
Kasih sayang orang tua tidak berkurang
Ayah menemani kita bermain
Ibu menemani kita belajar
Ayo Jawab
Isilah titik titik di bawah ini berdasarkan cerita di atas pilih jawaban yang sesuai
Patuh Keluarga Ibu Menemani Kasih Sayang
1. Yang lahirkan kita adalah ……………
2. Anak anak harus ………….. pada orang tua
3. Ayah bekerja untuk …………..
4. Orang tua …………. Kita belajar dan bermain
5. Keluarga harus mempunyai………….
Ayo Belajar
Punya keluarga rukun
Punya teman yang baik
Kita punya mainan dari orang tua
Untuk itu kita bersyukur
Kita bersyukur atas karunia tuhan
Ini sesuai dengan sila kesatu
Yaitu ketuhanan yang maha esa
Ayo Berlatih
Isilah titik-titik di bawah ini dengan kata yang tersedia
Satu Menjaga Bintang Nasihat
1. Sikap bersyukur sesuai dengan sila ke……………
2. Lambing dari sila kesatu adalah …………..
3. Kita bersyukur punya mainan, untuk itu kita harus ………….. mainan agar tidak rusak
4. Ibu baik pada kita, untuk itu kita bersyukur dengan mengikuti …………… ibu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar